Rabu, 28 September 2011

Tugas ISD Sebagai Salah Satu MKDU *Kelompok 5*

UNIVERSITAS GUNADARMA
 FAKULTAS ILMU KOMPUTER
& SISTEM INFORMASI
 
 
MATA KULIAH : ILMU SOSIAL DASAR
DOSEN : IBU NINUK SEKARSARI

KELOMPOK 5:

PANCE
AHMAD
MEIDDY
DITA NUR INTAN
DEDY
ZAKY
VANYA



BAB 1
I.S.D. SEBAGAI SALAH SATU M.K.D.U.

 3 kelompok ilmu pengetahuan :

1. Ilmu-ilmu Alamiah ( Natural Scince ) :
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100% salah. Termasuk kelompok ilmu alamiah, antara lain adalah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, dan mekanika.

2. Ilmu-ilmu Sosial ( Social Scince ) :
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat. Termasuk kelompok ilmu sosial, antara lain adalah ekonomi, sosiologi, politik,  demografi, psikologi, antropologi sosial, dan sosiologi hukum.

3. Pengetahuan budaya ( The Humanities ) :
Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Termasuk kelompok pengetahuan budaya, antara lain adalah filsafat, seni (sastra, tari, rupa, musik, suara, dan lukis), sejarah, antropologi budaya, hukum, dan agama.

Studi Kasus :
Saat ini penerapan Ilmu pengetahuan dan Teknologi di indonesia masih kurang, contohnya, masih banyak daerah- daerah pelosok yang pendidikan almu pengetahuannya masih terabaikan oleh pemerintah, karena kurang merata serta fasilitas yang kurang dan tenaga pengajar yang kurang memadai di daerah pelosok.

Opini :
Indonesia sangat kaya akan budaya, sosial dan sumber daya alam, namun kita selalu kalah dibanding negara lain. Indonesia masih kalah jauh untuk bersaing dikarenakan Ilmu pengetahuan yang kurang merata di beberapa daerah dan kurangnya kesadaran pemerataan pendidikan di daerah pelosok.

FLORENTIA VANYA RACHEL
NPM 12111939
1KA30

GUNADARMA UNIVERSITY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar