Jumat, 30 September 2011

Tugas Makalah PKN Ketahanan Nasional di Bidang Sosial Budaya


UNIVERSITAS GUNADARMA
 FAKULTAS ILMU KOMPUTER
& SISTEM INFORMASI
 
 
 
 
 
MATA KULIAH : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOSEN : IBU DIAN SUPIATI BURHANJDON


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan YME bahwa saya telah menyelesaikan tugas mata pelajaran Pendidikan Kewrganaegaraan dengan membahas Ketahanan Nasional di Bidang Sosial Budaya dalam bentuk makalah.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amin.



PENDAHULUAN

Ketahanan sosial budaya diartikan sebagai kondisi dinamis budaya Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan kehidupan sosial budaya.

Kondisi sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional berdasarkanpancasila yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosialbudaya manusia antar masyarakat Indonesia.Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan sosial budaya warga negara Indonesia perlu:Kehidupan sosial budaya bangsa dan masyarkat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, rukun, bersatu, cinta tanah air, maju, dan sejahtera dalam kehidupan yang serba selaras, serasi dan seimbang serta mampu menangkal penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan kebudayaan nasional.

RUMUSAN MASALAH
1. Apakah pengaruh sosial budaya pada ketahanan nasional?
2. Apakah pengaruh local genius terhadap ketahanan nasional?
3. Bagaimana hubungan kebudayaan nasional dengan kebudayaan asing?
4. Apakah sifat-sifat dasar identitas Indonesia yang mempengaruhi ketahanan nasional?

PEMBAHASAN

PENGARUH SOSIAL BUDAYA PADA KETAHANAN NASIONAL
Pengaruh sosial budaya pada ketahanan nasional meliputi bidang :
- Sosial = Pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat yang mengandung nilai-nilai kebersamaan, senasib, sepenanggungan, solidaritas yang merupakan unsur pemersatu
- Budaya = Sistem nilai yang merupakan hasil hubungan manusia dengan cipta rasa dan karsa yang menumbuhkan gagasan-gagasan utama serta merupakan kekuatan pendukung penggerak kehidupan.

PENGARUH LOCAL GENIUS TERHADAP KETAHANAN NASIONAL
Dalam setiap kebudayaan daerah terdapat nilai budaya yang tidak dapat dipengaruhi oleh budaya asing (local genuis). Local genuis itulah pangkal segala kemampuan budaya daerah untuk menetralisir pengaruh negatif budaya asing.

HUBUNGAN KEBUDAYAAN NASIONAL DENGAN KEBUDAYAAN ASING
Kebudayaan nasional merupakan hasil (resultante) interaksi dari budaya-budaya suku bangsa (daerah) atau budaya asing (luar) yang kemudian diterima sebagai nilai bersama seluruh bangsa. Interaksi budaya harus berjalan secara wajar dan alamiah tanpa unsur paksaan dan dominasi budaya terhadap budaya lainnya. Kebudayaan nasional merupakan identitas dan menjadi kebanggaan Indonesia. 

SIFAT SIFAT IDENTITAS INDONESIA YANG MEMPENGARUHI KETAHANAN NASIONAL
Identitas bangsa Indonesia adalah manusia dan masyarakat yang memiliki sifat-sifat dasar:
- Religius
- Kekeluargaan
- Hidup seba selaras
- Kerakyatan
Wujud ketahanan sosial budaya tercermin dalam kondisi kehidupan sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional, yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, bersatu, cinta tanah air, berkualitas, maju dan sejahtera dalam kehidupan yang serba selaras, serasi dan seimbang serta kemampuan menangkal penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan kebudayaan nasional.

KESIMPULAN DAN SARAN
Mendukung sebuah ketahanan nasional kita harus bisa menjaga budaya itu dan melestarikan budaya itu sendiri agar tidak punah dan di ambil negara lain. Misal dengan membuat hak paten atau membuat hak cipta, mengumumkan kepada dunia bahwa itu hasil karya kita.

PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Saya berharap para pembaca yang budiman untuk memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar