Selasa, 06 Maret 2012

Macam-Macam Kebudayaan Asing


Nilai Budaya Barat


Macam-macam kebudayaan yang dimiliki oleh budaya barat cenderung merupakan sisi kebalikan dari nilai-nilai budaya timur. Budaya barat lebih menekankan dunia objektif dibandingkan perasaan sehingga hasil pola pemikirannya membuahkan sains dak teknologi. Barat hanya meyakini yang masuk akal saja, sehingga ritual keagamaan dipandang sebagai sesuatu yang tidak masuk akal (irasional). Kehidupan barat lebih terpikat pada kemajuan material dan hidup. Barat hidup dalam dunia teknis dan ilmiah sehingga mereka menganggap pikiran-pikiran hidup yang meminta kepekaan hati sebagai sesuatu yang tidak bermutu. Nilai-nilai seperti itu sebagian besar memang tampak pada macam-macam kebudayaan barat. Menurut To Thi Anh, ada 3 nilai penting yang mendasari semua nilai di barat, yaitu martabat manusia, kebebasan, dan teknologi.



Nilai Budaya Barat dan Martabat Manusia

Barat menganggap bahwa manusia adalah ukuran untuk segalanya. Dalam arti, manusia mempunyai kemampuan untuk menyempurnakan hidupnya sendiri berdasarkan akal, intelektual, dan pengalaman. Di barat, kepuasan diperoleh dari usaha-usaha atau perhatian kepada benda, kenikmatan, dan keselarasan di dunia. Usaha-udaha itu dengan sendirinya dapat menimbulkan kondisi kehidupan yang penuh dengan persaingan dan terkadang menimbulkan kekacauan.


Nilai Budaya Barat dan Kebebasan

Semua orang timur menganggap bahwa barat adalah negara kebebasan. Segala sesuatunya serba mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan dalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun, kebebasan ini ternyata menyebabkan orang menjadi tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pula lah, nilai-nilai umum dan nilai-nilai bersama semakin pudar. Tidak ada lagi rasa kebersamaan dan gotong royong. Nilai yang tumbuh subur adalah nilai-nilai kepentingan diri sendiri, kepentingan kelompok kecil, atau kelas masyarakat tertentu. 


Nilai Budaya Barat dan Teknologi

Harus diakui bahwa teknologi negara barat membuat kagum dan iri bangsa timur. Tidak sedikit negara timur yang menjadi korban "penjajahan" teknologi barat karena rasa kagum ini. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan menganggu kepentingan manusia karna terlalu cepat sampai ke depan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di dunia barat. Di barat, tidak sedikit manusia yang dikuasai perubahan teknologi. Perubahan itu menyebabkan mereka kehilangan arah, hilang kepercayaan terhadap diri sendiri, kehilangan nilai-nilai hidup dan keimanan. Akhirnya timbul kecemasan, tidak acuh tak acuh, dan terganggu kesehatan fisik dan jiwanya. Macam-macam kebudayaan yang bersifat tradisional pun perlahan-lahan mulai terkikis.


Sumber : http://www.anneahira.com/macam-macam-kebudayaan.htm


Opini : Menurut saya, ada hal positif dan negatif yang harus diperhatikan dalam kebudayaan asing, apalagi sekarang ini banyak kebudayaan asing yang telah mempengaruhi kebudayaan kita, kita harus dapat memilah hal hal positif dari kebudayaan asing tersebut.


Nama : Florentia Vanya Rachel Sanggar

Kelas : 1KA30

NPM : 12111939

1 komentar:

  1. saya mengutip sebagian isi blog ini untuk kepentingan tugas saya, bisa di lihat di link berikut. jika ada hal yang tidak berkenan dari pengutipan blog saya silahkan email ke riopraset@gmail.com

    link blog : http://riopraset.wordpress.com/2012/10/24/kebudayaan-asing-yang-sulit-dan-mudah-di-terima/

    BalasHapus