Sabtu, 26 November 2011

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat (BAB VI)

1. Sebutkan fungsi elite dalam memegang strategi!

* Menitik beratkan pada fungsi sosial
* pertimbangan - pertimbangan yang bersifat moral

Kedua kecenderungan ini melahirkan 2 macam elite, yaitu elite internal dan elite eksternal. Elite internal menyangkut integrasi moral serta solidaritas sosial yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu, sopan santun dan keadaan jiwa. Sedangkan elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi berhubungan dengan problem - problema yang memperlihatkan sifat yang keras masyarakat lain atau masa depan tak tentu.

2. Jelaskan pengertian massa!

Dalam sosiologi, istilah massa mengandung pengertian kelompok manusia yang tak bisa dipilah - pilah, bahkan semacam kerumunan (crowd) yang bersifat sementara dan dapat dikatakan segera mati. Dalam kelompok manusia yang seperti ini, identitas seseorang biasanya tenggelam. Masing - masing akan mudah sekali meniru tingkah laku orang lain yang "sekerumunan". Puncak dari tingkah laku mereka akan dilalui, katakanlah maksudnya selesai.

(sumber: http://tonianugrahmahesa.ngeblogs.com/2009/12/04/elite-massa/ )

Studi Kasus:
Peranan individu-individu di dalam massa penting sekali kenyataan bahwa massa adalah terdiri dari individu-individu yang menyebar secara luas di berbagai kelompok dan kebudayaan setempat. Massa bisa dipandang sebagai tersusun oleh individu-individu terpisah, yang menghadapi area penghidupan yang menarik perhatian, tapi yang juga membingungkan dan sulit untuk diatur.

Opini :
Solidaritas sangat penting bagi sosialisai di kehidupan. Tanpa solidaritas, perbedaan menjadi penghalang untuk tujuan bersama. Apalagi dalam lingkup massa banyak sekali pelapisan sosial dan perbedaan derajat. Kita harus bisa saling menghormati dan mendukung berbagai perbedaan dalam hal yang positif.

(Florentia Vanya Rachel 1KA30 UNIVERSITAS GUNADARMA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar